Pages

Friday, February 22, 2013

Indonesia sedang malam Pak



Suatu siang di sebuah Sekolah Dasar

“Pak ada yang menari tuh di tengah lapangan ! , “teriak seorang murid yang sebut saja namanya Tarno.
“Loh di tengah jam-jam pelajaran seperti ini , entah apa yang ada di pikiran dia, ckck “, Sang Guru pun keheranan dan mendatangi murid tersebut bersama beberapa siswa lainnya , dia ingin tahu siapa murid gila yang tahu-tahu menari di lapangan. Setelah didatangi  ternyata yang menari itu adalah Tari , seorang murid yang dikenal cerdas. Guru tersebut pun tambah kebingungan.

“Kamu ngapain Tari ? Kamu sudah gila apa tau-tau nari ga jelas dan di tengah lapangan lagi. Jangan karena namamu Tari ya jadi kamu sok-sok nari kayak gitu  ?,” Tanya Guru sembari diikuti oleh gelak tawa murid yang lain.
Tari pun dengan tenang menjawabnya ,“ Saya hanya ingin memperlihatkan ke Indonesia bahwa masih ada generasi seperti saya yang ingin melestarikan tarian khas Indonesia. Biar tidak hilang dimakan zaman , Pak .”

“Iya saya tau tapi ga harus di tengah lapangan juga kan ? Ga harus di siang bolong seperti ini juga kan ? ,’’ timpal Guru tersebut.

“Kenapa di Lapangan ? Karena cuma disini saya bisa melihat bendera merah putih , cuma disini dari seluruh sudut sekolah ini, dengan melihatnya saya mengira Indonesia juga bisa melihat saya. Yang terakhir kenapa di siang bolong pak ? karena Indonesia sekarang sedang ‘ malam’ Pak , semua gelap karena semuanya meihat dari sisi malamnya , dan ketika ada orang yang melihat dari sisi siang dia dianggap aneh dan tersingkir dengan sendirinya oleh kabut. Saya ingin memulai siang tersebut daripada harus terus berada dalam kenyamanan malam .
Pak Guru dan beberapa murid yang mendengarnya hanya bisa tertegun . Sel-sel otak mereka membeku dan merasa silau akan terangnya harapan. Terang dan menyilaukan.



No comments: