Pages

Sunday, February 24, 2013

7 Alasan Masuk Kesling



Kesehatan Lingkungan atau akrab disapa Kesling  adalah salah satu peminatan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Sebenarnya ada 8 peminatan lain yang disediakan oleh pihak fakultas untuk dipilih oleh mahasiswa berdasarkan minat dan kemauannya . Jadi dengan Kesling total ada 9 peminatan . Peminatan-peminatan tersebut adalah Kesehatan Lingkungan , Gizi Kesehatan Masyarakat , Epidemiologi dan Penyakit Tropik , Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) , Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) , Entomologi, Administrasi Kesehatan , Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku (PKIP) dan terakhir adalah Biostatistika Kesehatan.

Awal masuk kuliah sebenarnya saya sudah berencana untuk masuk ke peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan karena saya cukup tertarik dengan hal-hal yang berbau kebijakan. Namun setelah berjalannya waktu akhirnya saya menentukan pilihan ke kedua peminatan yaitu Kesehatan Lingkungan dan PKIP . Hal tersebut membuat saya dilema sampai H-1 bulan penentuan peminatan. Namun setelah mengalami proses sharing sana-sini , minta restu orang tua dan sholat istikharah, pilihan saya jatuh ke peminatan Kesehatan Lingkungan.

Sebenarnya saya cukup bingung kalau disuruh menjabarkan alasan-alasan khusus kenapa saya ingin masuk Kesling karena dasar saya memilih kesling adalah karena saya suka dan saya kira saya akan menikmatinya. Namun dalam tulisan saya ini saya akan coba untuk menjabarkannya.

1.      I LOVE ENVIRONTMENT
Alasan saya masuk kesling yang pertama ialah karena saya cinta lingkungan. Saya cinta hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan dan apabila hal ini digabungkan dengan hal yang saya cintai satu lagi yaitu kesehatan. Wah menurut saya ini bakal menjadi hal yang luar biasa sekali.

2.      Nilai Mencukupi Untuk Masuk Kesling
Alhamdulillah nilai saya mencukupi  dan memenuhi persyaratan untuk masuk Kesling. Sebagai persyaratan ada dua nilai mata kuliah yang diharuskan mendapat nilai A yaitu Dasar Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Lingkungan Pemukiman & Industri. Hal ini membuat saya yakin bahwa saya akan bisa bisa menerima pelajaran dengan baik dan mencapai prestasi yang memukau.



3.      Multisektoral
Bidang Kesehatan Lingkungan yang terdapat di dua sektor yaitu sektor kepemerintahan serta sektor Industri membuat Kesling mempunyai potensi yang luas dan luar biasa untuk mencari lapangan pekerjaan setelah lulus nanti. Selain itu lingkungan juga bisa diolah sedemikian rupa untuk memulai sebagai bidang wirausaha.

4.      Tertarik di dunia Industri
Saya tertarik untuk berkarir di dunia Industri. Sebenarnya ada satu peminatan lagi yang berkaitan dengan Industri yaitu K3. Tetapi setelah bertanya ke diri sendiri saya merasa tidak sesuai dengan bidang K3 yang terlalu spesifik. Saya ingin hal yang spesifik namun dalam pelaksanaannya mempunyai konteks yang bebas dan yang bisa diinovasi sedemikian rupa. Konteks kesling ada di hal tersebut. Dunia Industri akan selalu dituntut untuk selalu ramah dengan lingkungan baik dalam proses produksi maupun proses pembuangan limbahnya. Saya lebih tertarik untuk bergelut di hal tersebut.

5.      Memenuhi Value saya dalam Hidup
Sudah tidak perlu dibicarakan lagi kalu hidup itu ialah bukan hanya untuk diri sendiri. Bukan hanya terjebak dalam siklus Lahir-Sekolah-Nikah-Kerja-Mati. Saya ingin keberadaan saya membawa manfaat bagi banyak orang dan bagi lingkungan di sekitar saya. Value saya dalam hidup ini bisa saya dapatkan di Kesling. Demi lingkungan yang lebih baik. Demi anak cucu kita nanti.

6.      Isu Lingkungan yang sedang ramai dibicarakan
Isu-isu ini tidak hanya mencakup di Indonesia saja tetapi sudah mencakup dunia Internasional. Kondisi Bumi yang sudah semakin uzur serta Isu Global Warming ,Kontaminasi Limbah serta Polusi Udara menjadi isu yang sering didiskusikan karena telah mepengaruhi kesehatan penduduk dunia dan untuk mencapai sebuah solusi Internasional yang dapat diterapkan selama beberapa puluh tahun ke depan. Hal ini lah yang membuat lingkungan berdasarkan aspek kesehatan menjadi sektor yang selalu berada dalam titik vital selama beberapa tahun ke depan.

7.      Profesi
Berdasarkan UU disebutkan profesi dari Kesehatan Lingkungan nantinya ialah Sanitarian . Kejelasan profesi ini menambah terang dari posisi seorang lulusan FKM dengan peminatan kesehatan lingkungan. Sudah bukan rahasia lagi kalau dalam pelaksanaanya profesi kesehatan yaitu dokter , perawat , bidan ataupun SKM selalu mengalami gesekan dalam menjalankan tugas masing-masing. Nah kejelasan profesi yang sudah tertuang dalam UU membuat saya yakin bahwa SKM dengan peminatan kesehatan lingkungan akan mendapat prospek yang cerah di masa depan.

3 comments:

Unknown said...

Prospek kerjanya apa aja ya?

adit said...

👍👍👍

Unknown said...

Saya masih bimbang kesliang atau k3