Pages

Monday, March 25, 2013

Grit Chamber on Water Treatment



Definisi Grit Chamber
Grit Chamber adalah tempat proses pengolahan air terjadi dimana fungsi Grit Chamber ini adalah menghilangkan tanah kasar, pasir dan partikel halus mineral dari air yang akan diolah sehingga tidak mengendap dalam saluran ataupun pipa dan melindungi pompa dan mesin dari abrasi. Secara teoretis, partikel yang bisa diendapkan oleh Grit Chamber ini adalah partikel yang berukuran >200 mm.

Prinsip Kerja Grit Chamber
Grit Chambers  tidak lain hanyalah seperti tangki sedimentasi, yang dirancang untuk memisahkan partikel yang lebih berat dan lebih ringan juga termasuk dalam ukuran besar kecilnya partikel . Oleh karena itu, kecepatan aliran tidak boleh terlalu rendah untuk menyebabkan pengendapan partikel ringan, atau jika terlalu tinggi tidak menimbulkan pengendapan  lumpur dan grit hadir dalam kotoran.
Jenis Grit Chambers
Grit Chambers terdiri dari dua jenis bila kita lihat dari teknik pembersihannya yaitu Grit Chamber yang dibersihkan secara mekanik dan Grit Chamber yang dibersihkan secara manual. Pada proses secara mekanik, pisau scraper mengumpulkan grit menetap di lantai ruang grit. Grit terkumpul dan diangkat ke permukaan tanah melalui beberapa mekanisme, seperti lift ember, pompa jet dan angkat udara. Pembersihan secara mekanik juga terdiri dari beberapa desain yang sebagian besar agitasi perangkat baik menggunakan air atau udara untuk menghasilkan pembersihan yang sempurna. Grit chamber pada proses secara manual harus dibersihkan minimal seminggu sekali. Metode paling sederhana pembersihan adalah dengan cara menggunakan sekop.


2 comments:

Water Chemical Solution said...

Thanks infonya gan, mantabbbbssss.........
Ditunggu postingan2 berikutnya.

Water Chemical Solution
Water Treatment Plant

Admin said...

Paham paham
Terimakasih :)