Pages

Friday, February 22, 2013

99 yang Luar Biasa



A :  Lo sekelas berapa orang bro di FKM ?
B : 100 orang bro
A : Hah ? Pasti becanda lo , lo kira itu mau kuliah apa mau tawuran bro ampe bawa pasukan banyak gitu ?
B : *lempar batu*       
                                     
Ente kan IQ.ny tinggi-tinggi pasti ngerti deh ane di posisi A atau B. Bagi yang belum ngerti dipersilahkan melihat postingan ane sebelumnya. This is Fact. Ente tau perasaannya gimana diomongin kayak gitu ?? Ente tau ?? Yap , Istimewa . Bener banget. Kenapa istimewa ?  nih baca sendiri. 

Ane tiba di kampus di hari pertama dengan partner rusun ane yang emang satu fakultas juga. Namanya Mirror Sabda, dia dari jakarta dan menurut beberapa sumber dia itu cowok paling kece di FKM. Ya 11 12 lah sama ane*ngeyakinin diri. Tak disangka kami juga sekelas di kelas R1-A. Kesan pertama pas masuk disini adalah ini kelas rame banget dan dipenuhi orang jawa karena logat jawa terdengar dimana-mana. Pada hari itu pula ane mulai dibiasakan dengan memakai panggilan aku-kamu. Awalnya jangan ditanya , geli segeli-gelinya. Namun karena harus beradaptasi dengan lingkungan ditambah fakta ternyata di Jawa panggilan Gua-Lo itu kesannya kasar. Jadilah ane mulai harus terbiasa dengan panggilan itu.

Pertamanya ane ngerasa ga nyaman ama jumlah mahasiswa yg menurut ane terlalu banyak. Jadi ga efektif. Terbukti itu bener karena pada saat dosen menerangkan materi kuliah suasana menjadi tidak kondusif . Karena ane masih polos jadi ane belum terbiasa dan belum tau strategi yang pas untuk ngadepin suasana kayak gitu.
 Jadilah ane mendengarkan tapi pikiran ane kemana-mana dan malah sempet diselingi ama maen SOS. Kacau sekali.

Setelah beberapa bulan ane mulai terbiasa dan ane udah punya strategi yang menurut ane sesuai. Strategi ane sederhana sebenernya , didasari males nyatet karena ane tipikal orang yang lebih fokus bila mendengarkan ditambah semua yang diterangkan dosen ada di slide powerpointnya jadi nanti materi kuliah tinggal di-copy terus ane rangkum pake bahasa sendiri. Menurut ane itu yang paling efektif. Akibat strategi itu juga binder tebel-tebel yang niatnya untuk nyatet malah jadi buku gambar dan coret-coretan wajah dosen ataupun temen-temen ane. 

Bulan berganti tahun dengan cepatnya , dari semester 1 sampe sekarang semester 5. Sudah terlalu banyak moment yang udah ane lewati bareng-bareng kelas R1-A.  Salah satu moment yang berkesan adalah waktu semester tiga dimana sekelas bareng-bareng ke Jogja. Sebenernya itu bukan murni jalan-jalan tetapi tugas kuliah tepatnya kuliah Dasar Kesehatan Lingkungan karena sebelum kami ke Jogja, kami harus survey tentang kondisi penggunaan pestisida di sekitaran daerah Ngablak. Gilee..tempatnya adem banget ditambah dikelilingi pegunungan dan perkebunan yang luas banget. Paduan warna hijau daun ditambah siluet emas sinar matahari yang menyusup di sela-sela awan yang menyingkap kabut sangat memanjakan mata ane yang rindu dengan suasana alam seperti ini.

Jogja...we’re coming. Yak setelah melakukan survey dan tanya jawab ke penduduk sekitar Ngablak juga dioleh-olehi wortel yang sangat banyak oleh Pak Petani yang katanya punya istri dua ( Makasih banyak loh pak ). Sempat diguyur hujan yang deras namun itu tidak menyurutkan niat kami . Lah wong kami ada di dalam bus jadi ya kena ujan dan tetep onfire semangatnya. Foto-foto menjadi agenda yang tidak boleh ketinggalan. Gaya dikit , foto ! Senyum dikit, foto ! Bahkan lagi tidur ngences pun difoto , memang antara iseng dan kurang kerjaan itu beda tipis ya kawan. Keliling Malioboro , beli pernak-pernik Jogja bahkan ane bareng temen-temen cowo yang lain menyempatkan naik becak bareng keliling keraton sembari melihat kerajinan khas Jogja yang teryata pemasarannya bisa sampai Internasional. Memang walaupun ane sendiri udah berulang kali ke Jogja , tapi ya tetep aja Jogja itu ngangenin !

Selama di kelas R1-A juga ane mengamati dengan seksama dan terstruktur (opo kui). Ada berbagai macam jenis orang di R1-A dengan karakter yang beraneka ragam.
-Ada yang kalo ngomong halus banget intonasinya.
-Ada yang hobinya cabut tapi cabutnya berkualitas , cabutnya ikut Pelatihan sampe ke luar negeri bro..
-Ada yang hobinya cabut juga tapi yang ini misterius dia cabutnya ngapain
-Ada yang kalo dia memberikan pendapat pada saat kuliah , namanya langsung dielu-elukan. Entah ini elu-elukannya dalam artian apa. Namun dia ini maskot kelas R1-A
-Ada yang ga suka nasi , gila sakti banget itu orang , anti-mainstream bro..
-Ada yang hobinya tidur mulu pada saat kuliah , pernah dia kepergok dan mulutnya lagi mangap sangking keenakan tidur. Buseett..
-Ada yang ga mau sentuhan dengan lawan jenis bahkan sekedar boncengan pun ga mau. Ane kasih standing applause buat yang memilih prinsipnya hidup seperti ini.

Nah mungkin itu dulu aja deh karakter-karakter penduduk R1-A yang ane inget bener. Mungkin nani disambung lagi. Setiap karakter dari penduduk R1-A membuat ane lebih belajar untuk memahami hidup bahwa banyak sekali sudut pandang dalam melihat sesuatu dan bahwa ego diri harus ditekan sementara empati harus dinaikkan bila perlu sampai level yang tidak pernah anda bayangkan. Jujur menjadi salah satu keluarga besar R1-A membuat ane bangga dan merasa istimewa . Kenapa gitu ? Pertama, kelas yang walaupun 99 orang tapi itu jadi jumlah terkecil di antara 3 kelas di angkatan 2010. Kedua, R1-A menempati tempat pertama juga dari jumlah orang yang ikut di organisasi di FKM , dan yang masih seger banget di ingatan yaitu berhasil memperoleh Juara Umum Pekan Olahraga dan Pentas Lomba di tingkat fakultas mengalahkan kelas maupun angkatan yang lain . How Amazing 

Ada awal pasti ada akhir . Kelas R1-A dipisahkan dengan keharusan memilih konsentrasi peminatan yang bakal ditekuni untuk ke depannya. Walaupun udah kepencar-pencar tapi harapannya ikatan batin dan ukhuwah yang telah dibangun tetap erat dan kokoh walaupun dimakan binatang waktu.
R1-A !!!!    Yes we can do the best !! Yeahhh...!!

No comments: